Pages

Monday, August 27, 2012

Perawatan Anakan Kenari

Perawatan anakan kenari adalah hal yang sangat perlu diperhatikan untuk mendapatkan hasil kenari yang baik, adapun beberapa tahapan yang perlu diketahuai untuk merawat anakan kenari diantaranya adalah :

Setelah burung kenari induk mengerami telurnya selama dua minggu, maka telur biasanya akan menetas, pada saat ini jangan sekali-kali untuk mengecek kondisi telur dengan mengusir induk betina dari sarangnya karena induk betina bisa ngambek. 

Untuk melakukan pengecekan lakukanlah apabila burung kenari induk tidak sedang dalam kondisi mengeram dan lakukan jangan terlalu sering. 

Lima (5) sampai tujuh (7) hari setelah menetas, bisanya anakan kenari akan mulai tumbuh bulu. Pada hari ke-17 (tujuh belas) hingga ke-20 (dua puluh), anakan kenari akan mulai belajar meninggalkan sarang. 

Kemudian setelah beberapa hari belajar meninggalkan sarang, anakan kenari akan belajar makan sendiri. Apabila sudah terlihat bisa makan sendiri, anakan ini bisa disapih kesangkar yang lain agar induk betina siap untuk dijodohkan kembali. 

Induk betina burung kenari biasanya akan membuat sarang dan siap bertelur lagi 21-23 hari setelah telur yang dierami menetas. Oleh karena itu tempatkan sarang kedua , beserta bahannya, kedalam sangkar ternak ketika anakan berusia 15-17 hari. selain perlakuan setelah menetas, anakan kenari juga harus diperhatiakan asupan pakannya. 

Pakan yang diberikan kepada anakan kenari, baik melalui indukan (disuapi) maupun sendiri harus diperhatiakan karena sangat berpengaruh pada pertumbuhan anakan kenari tersebut.

0 comments:

Post a Comment