Pages

Wednesday, August 22, 2012

Cara Mengobati Egg Binding

Cara mengobati Egg Binding sangat perlu diketahui oleh para peternak kenari karena egg binding ini mempunyai resiko yang sangat parah bahkan sampai burung kenari mengalami kematian.

Apabila burung kenari telah terjadi pada burung kenari anda, ada beberapa langkah yang mungkin bisa dilakukan, walaupun tingkat keberhasilannya ini termasuk kecil :
  • Burung kenari yang mengalami Egg Binding usahakan diisolasi ke tempat sepi dan hangat. Lingkungan yang sepi ini diperlukan untuk mengurangi stress, sehingga burung kenari ini bisa berkonsentrasi untuk mengeluarkan telur. Untuk memberi kehangatan pada kenari ini bisa dengan cara memberi lampu penghangat.
  • Berikan pakan yang mengandung kalsium seperti memberikan pakan tulang sotong secara teratur sehari sekali. Hal ini dimaksudkan untuk bisa membantu sistem kerja otot dalam proses pengeluaran telur. 
  • Gunakan minyak kelapa sebanyak 1 ml yang dimasukkan melalui dubur. CARANYA yaitu gunakan spet suntik yang sudaj dibuang jarumnya untuk memasukkan minyak kelapa kedalam dubur burung kenari. Letakkan burung kenari tersebut dibawah sinar matahari sampai telur keluar dengan sendirinya. Biasanya telur akan keluar sebelum 30 menit.

0 comments:

Post a Comment