Pages

Monday, August 20, 2012

Jari Kaki Kenari Bengkak Digigit Nyamuk???

Sering kita mendapati kenari kita kakinya diangkat-angkat setelah diamati ternyata pada ujung kakinya kakinya terdapat benjolan berwarna merah. Benjolan merah pada ujung jari kaki kenari tidak disebabkan oleh gigitan nyamuk tetapi oleh adanya infeksi bakteri di ujung jari tersebut. Akibat infeksi tersebut, kaki menjadi berwarnah merah dan terjadi pembengkakan serta burung akan mengalami rasa sakit sehingga kaki diangkat-angkat.

Penyakit tersebut dapat diatasi dengan pemberian salep Chloramfecort H yang mengandung anti bakterial dan anti inflamasi. Salep tersebut di oleskan 3x sehari pada ujung jari kaki/kaki kenari yang bengkak selama 5 hari berturut-turut

Untuk mempercepat kesembuhan, sebaiknya tenggeran kenari diganti dengan yang baru dan setiap pagi burung dijemur selama 30-60menit untuk membuat sangkar dalam keadaan kering. Selain biji-bijian pakan berupa sayuran dan telur rebus mutlak diberikan setiap harinya. 

Terimakasih telah meluangkan waktu anda untuk membaca artikel ini semoga dapat bermanfaat serta menambah pengetahuan para kicaumania. 
by : CitraJevan

9 comments:

  1. Thanks gan Infonya

    ReplyDelete
  2. Baru tahu ane selama ini ane kira kalau benjol di kaki ya digigit nyamuk
    thanks ya

    ReplyDelete
  3. Cloramfecort H itu beli dimana susah ga cara memper olehnya

    ReplyDelete
  4. Trims Gan Infonya

    ReplyDelete
  5. gan mau tanya kalau kenari kaki yang belakang gk bisa mencegkram tenggeran penyakitnya apa n cara ngobatinya gmna gan thank..

    ReplyDelete
  6. Saya penasaran karena ada yang mengatakan bahwa kaki KN saya bengkak karena digigit nyamuk. Ada rasa gak percaya.
    Tapi malam kemaren saya benar2 menyaksikan nyamuk menggigiti kaki KN saya.
    Dan saya masih berusaha mencari tau unutk melakukan perawatan yang tepat.
    Saat ini makanancukup, air minum diganti tiap hari,vitamin dan sayur.
    Serta di kerodong kalo malam hari sampai takkan ada nyamuk/semut yang bisa masuk.

    ReplyDelete
  7. jari kaki burung kenari saya gk tau kenapa di ujung jarinya pertamanya bentol dan sekarang kukunya jg udah hilang,masih sisa sedikit kukunya, saya oleskan terus muinyak kayu putih selama 1 bulan ini, tp tidak sembuh sembuh mohon infonya mas, teria kasih

    ReplyDelete