Pages

Tuesday, May 24, 2011

Tips Memandikan Burung Kenari



Memandikan burung tidak segampang yang dibayangakan terutama untuk jenis burung yang berukuran kecil, sebab dari cara mandi yang tidak benar berdampak terhadap kesehatan burung yakni bisa terserang penyakit flu. Timbulnya penyakit flu pada burung akibat dari masuknya air dalam hidung. Kejadian tersebut bisa terjadi kalau memandikannya menggunakan alat semprot tangan atau handsprayer.

Tetapi bagi para pecinta kenari terutama yang pemula tidak perlu pusing sehingga takut untuk memandikan burung kenarinya. Alat semprot tangan masih bisa digunakan asalkan diatur sedemikian rupa agar lebih aman bagi burung. hal pertama yang harus dilakukan adalah mengatur keluarnya air.

Pengatur keluarnya air terdapat di ujung penyemprot. alur tersebut bisa diatur sedemikian rupa sesuai kehendak anda dan aman untuk burung. Alur keluarnya air sebaiknya menggunakan yang semburan airnya menyebar ke seluruh arah bukan pada satu titik saja.

Sebab jika menggunakan alur yang pancaranya hanya ke satu titik akan merusak bulu karena kuatnya semburan air dan semburan airnya tidak merata. Dalam menyemprotkan sebaiknya jangan sembarangan karena hal tersebutlah yang bisa mengakibatkan burung terkena flu.

Soalnya anda tidak dapat merasakan apakah air masuk ke hidung atau tidak, yang bisa merasakan hanya burung, maka dalam menyemprotkannya sebaiknya memilih bagian-bagian yang paling aman yakni bagian dada, sayap dan ekor. Bagian-bagian tersebut jauh dari hidung dan tidak menggangu kesehatan burung.

Ada satu lagi cara yang aman dan paling aman dalam memandikan burung kenari yakni menggunakan bak kecil atau lebih dikenal dengan kobokan (bahasa jawa) sebab tidak mungkin burung kenari dimandikan ke dalam bak mandi berukuran besar atau yang lebih sering dikenal dengan bak kerambah.

kobokan tergolong sangat aman, karena burung akan mandi dengan sendirinya tanpa ada rangsangan dari pihak lain. sehingga burung dapat mengatur sendiri apakah dia mau mandi atau tidak. alat itu bisa diletakkan dalam sangkar sehingga biarkan burung itu mandi. waktu untuk meletakkan kobokan bisa pagi atau sore haritergantung kebiasaan burung itu. Semoga tips dari saya ini bisa membantu


Salam
Citra Jevan

4 comments:

  1. thanks infonya bro..

    ReplyDelete
  2. jossss kang
    tp klo pke speay kadang takut melukai bulu kenari

    ReplyDelete