Pages

Sunday, June 9, 2013

Mandi & Jemur Kenari

Proses Mandi & jemur kenari adalah hal yang sangat penting, walaupun dilakukan tidak terlalu lama. Selain untuk kesehatan burung kenari tersebut, memandikan dan menjemur kenari secara rutin juga akan mampu mengusir kutu dan menghilangkan bibit penyakit pada burung dan sangkar.

Penjemuran yang baik dilakukan pada rentang waktu pukul 7.00 – 10.00, lama waktu penjemuran sekitar 1-2 jam, tergantung dari keadaan burung. Apabila burung kenari sudah terlihat gelisah dan membuka mulutnya, penjemuran bisa segera dihentikan.

Penjemuran burung kenari yang terlalu lama akan membahayakan kenari itu sendiri. Bahkan pada beberapa kasus burung kenari akan mati sia-sia saat penjemuran apabila tidak diawasi dengan baik.

Cara memandikan burung kenari

Sebelum burung kenari dimandikan, kenari harus didinginkan 5-10 menit setelah dijemur.

Proses mandi biasa dilakukan selama penjemuran. Karena itu dalam sangkar yang dijemur sebaiknya disediakan tempat mandi yang sudah diisi air, karena biasanya kenari akan mandi ditempat minumnya jika tidak disediakan tempat untuk mandi, dan ini bisa menyebabkan air minumnya jadi kotor atau terkena tinja. Apabial proses mandi kenari sudah selesai, tempat mandi bisa diambil kembali.

Apabiala kenari tidak biasa mandi menggunakan wadah mandi, cara lain untuk memandikannya yaitu dengan cara disemprot menggunakan handsprayer.

Apabila sudah dimandikan kenari dikeringkan sampai kira-kira pukul 10 pagi.

Menurut pengalaman para penggemar burung kenari, jika burung kenari itu sedabg sakit bisa ditandai dengan dengan seringnya ia membasahi dirinya dengan menggunakan air. Baik air minum maupaun air mandi. Keadaan yang sama juga terjadi setelah selesai mengerami. Pada kondisi-kondisi ini, burung kenari sebaiknya tidak dijemur dibawah matahari langsung. Akan tetapi ditempatkan ditempat yang hangat.

Sumber : Kenari.com

0 comments:

Post a Comment