Pages

Monday, September 10, 2012

Merangsang Birahi Cucak Rowo

Cucak Rowo merupakan salah satu burung yang memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi karena harga piyeknya yang sangat tinggi dan produktivitas burung Cucak Rowo juga sangat tinggi.

Burung Cucak Rowo betina yang telah mencapai usia dewasa dapat menghasilkan telur tiap 14 – 20 hari sekali, sehingga burung ini merupakan burung yang sangat menjajikan dari segi ekonomi. 

Pada dasarnya jika anda merawat burung dengan baik, maka ketika burung tersebut mencapai usia dewasa secara kelamin (telah melewati masa puber) mulai usia 8 ½ bulan burung tersebut dapat menunjukkan gejala birahi, burung betina dapat menghasilkan telur. 

Defisiensi (kekurangan) protein dan vitamin dapat menyebabkan gangguan birahi dan menurunya produktivitas telur atau bahkan tidak produktif sama sekali. 

Untuk merangsang birahi dan produksi anda dapat memberikan multivitamin yang mengandung Vitamin A, D, E dengan dosis yang tepat untuk merangsang birahi dan kesuburan burung. 

Vitamin yang diberikan juga harus mengandung zat untuk proses pembentukan telur burung cucak rowo, sehingga dapat membantu proses pembentukan telur. Multivitamin tersebut akan efektif jika diberikan secara rutin agar birahi dan produktivitas serta daya tetas telur burung tetap setabil. 

Selain multivitamin, burung cucak rowo juga harus mendapat jangkrik atau serangga lain dalam jumlah cukup sehingga burung kenyang 

Sekian dan Terimakasih karena telah meluangkan waktu anda untuk membaca semoga artikel ini dapat bermanfaat 

salam : CitraJevan 

jangan lupa klik iklannya ya  J

1 comments: